Laman

Saturday, April 25, 2015

Cerita Dibalik Teduhnya Lagu Resah


Selamat pagi putri, dengan jalan pikirmu yang masih tak bisa kumengerti

    Eaaaak :v Sekali-kali bersajak boleh lah. Walaupun sebenarnya cuma ikut-ikut salah satu peserta SUCI 5 sih. Yap betul, Wira. Dengan kumisnya yang khas dan jenggot yang tumbuhnya di leher._. Saat stand up selalu membawakan materinya dengan konsep ‘bersajak’. Anti mainstream kalau kata anak muda jaman sekarang. Tapi sayang minggu ini dia harus pulang.
    Oke, kembali ke permasalahan yang ingin saya tulis. Payung Teduh. Lagu-lagunya tidak luput dari nama bandnya. Teduh. Semua lagunya bikin hati adem. Apalagi kalau lagi galau (uhuk). Tapi kali ini kita (kita?) akan membahas salah satu lagunya yang berjudul Resah. Bagi temen-temen yang belum tau lagunya, coba di download deh. Serius, lagu yang satu ini bikin kita merinding kalo denger. Bukan promosi lho ya. Haha. Terus, lagu ini juga enak buat penghantar tidur. Pengennya tidur terus. Tapi jangan lupa bangun.

Parararara.. Parararara.. Parararara... Pararara…
Parararara.. Parararara.. Huuuu…uuu….

Aku ingin berjalan bersamamu dalam hujan dan malam gelap
Tapi aku tak bisa melihat matamu
(Reff) Aku ingin berdua denganmu di antara daun gugur
Aku ingin berdua denganmu tapi aku hanya melihat keresahanmu

Parararara.. Parararara.. Parararara... Pararara…
Parararara.. Parararara.. Huuu.. Huuu…
Aku menunggu dengan sabar di atas sini melayang-layang
Tergoyang angin menantikan tubuh itu
(Reff 2x)
Buat yang suka nyanyi, reff yang kedua overtune tuh. Haha.

    Pertama denger lagu ini dari temen. Pertama biasa aja, lama-lama kok enak didenger? Terus jadi kepo sama Payung Teduh. Gas, saya ingin membahas satu-persatu liriknya. Oh iya, sebelumnya saya biasa aja sih sama lirik dan lagunya. Kemarin, temen saya ngomong katanya ada ‘cerita’ dibalik teduhnya lagu Resah. Nggak percaya, saya langsung googling tentang nih lagu. Ternyata benar. Disini kita (kita??) akan mengulasnya kembali. Jangan kemana-mana tetap di SILET.

    Dimulai dari latar belakang lirik lagu ini berasal. Setelah saya membaca beberapa blog, ada satu yang bikin saya paling percaya. Jadi gini, salah satu personil Payung Teduh yang bernama Aziz Kariko atau yang sering dipanggil “Comi’ adalah dosen. Saat itu dia menceritakan kepada mahasiswanya tentang darimana lirik dari lagu Resah ini berasal. Semuanya bermula pada pengalaman Comi saat hiking. Dia hiking bersama teman-temannya. Ada satu teman cowoknya yang cerita kalo dia lagi ada masalah cinta. Di tengah perjalanan, temannya itu hilang. Semuanya mencari. Karena kesusahan mencarinya dan nggak ketemu-ketemu, akhirnya mereka memutuskan untuk menunggunya di pos selanjutnya. Lama nggak dateng-dateng, mereka mencarinya kembali. Setelah ditemukan, temannya yang hilang itu sudah tidak bernyawa dengan gantung diri di atas pohon. Ternyata, dia ngantongin kertas yang berisi puisi. Nah, penggalan puisi itu kemudian dimasukkan ke lirik lagu Resah.

    Cuss, langsung saja kita (kita???) bahas lirik dari lagu ini. Kita (kamu aja keles) akan membahas per kalimatnya.

“Aku ingin berjalan bersamamu dalam hujan dan malam gelap”

    Coba fokus pada dua kata “hujan” dan “malam gelap”. Sekarang begini, jika kalian ingin pergi bersama pacar atau orang yang kalian sayangi, mungkinkah kalian akan pergi saat hujan dan malam gelap? Kemungkinannya sangat kecil. Malam minggu hujan aja pada bingung. Apalagi kalo malem-malem. Kata “malam gelap” pada kalimat ini lebih mengarah pada dunia yang lain. Bukan dunia kita. Nahloh, gimana tuh?

“Tapi aku tak bisa melihat matamu”

    Kalian bisa melihat mata teman kalian? Tentu bisa. Saya sendiri juga bisa. Bukan hanya mata, seluruh tubuh orang lain saya juga bisa lihat. Kalian bisa lihat mata makhluk ghaib? Tentu tidak. Beda lagi dengan orang-orang yang mempunyai kemampuan khusus. Jangankan melihat matanya, dengar temen ngomongin makhluk ghaib aja saya sudah merinding. Besar kemungkinan maksud dari kalimat ini adalah tidak bisa bertemu dengan orang itu karena sudah berbeda dunia. Sudah tidak bisa lagi melihat matanya.


“Aku ingin berdua denganmu di antara daun gugur”

    Disini saya mencoba berimajinasi. Anggap saja pohon itu adalah kehidupan, daun adalah nyawa. Sedangkan ‘gugur’ adalah kematian. Dengan begitu ‘daun gugur’ bisa diartikan kematian seseorang. Sekarang sudah sangat jelas, sang penulis puisi yang sedang ada problematika cinta besar adanya adalah ditinggal mati sang kekasih. Maksud dari kalimat ini adalah masih ingin berdua dengan sang kekasih di dunia antara kematian dan kehidupan. Di antara daun gugur.

“Aku ingin berdua denganmu tapi aku hanya melihat keresahanmu”

    Langsung saja, mungkin maksud dari kalimat ini adalah sang kekasih yang sebenarnya juga masih ingin berdua dengannya tetapi sadar mereka sudah berbeda dunia. Hanya resah yang tercipta. Resah antara ingin bertemu tetapi kenyataan tidak memperbolehkan mereka bertemu.

“Aku menunggu dengan sabar di atas sini melayang-layang”

    Melayang-layang disini berarti tidak menapak pada tanah. Pernah melihat orang gantung diri kakinya menapak pada tanah? Kalo pernah, saya berani taruhan orang itu masih hidup. Di kalimat ini mungkin saja maksudnya adalah tentang cara sang penulis puisi untuk bisa bertemu lagi dengan kekasihnya di dunia yang berbeda. Yap, cara itu adalah dengan bunuh diri. Dengan adanya kata “melayang-layang” yang berarti cara bunuh dirinya dengan cara gantung diri. Jika kita benar-benar mencintai seseorang, kita akan melakukan hal bodoh sekalipun untuknya.

“Tergoyang angin menantikan tubuh itu”

    Melayang-layang tergoyang angin. Mungkin jiwa yang telah lepas dari dirinya tergoyang angin di atas sana menantikan tubuh sang kekasih untuk bisa bertemu kembali. Untuk kali ini, di dunia yang sama.

Wah liriknya sudah habis ^^
    Ada pesan yang ingin saya sampaikan pada kalian semua teman, sebenarnya mengutip dari novel Filosofi Kopi yang saya baca beberapa hari lalu:
“Meski hidup ini tidak sempurna, tapi indah begini adanya.”

Jadi nikmati saja hidup ini. Bukankah hidup ini indah?


Terimakasih.

107 comments:

  1. Penuh dengan filosofi ternyata hihi

    ReplyDelete
  2. So sad ...
    I wanna be with you there

    ReplyDelete
  3. So sad ...
    I wanna be with you there

    ReplyDelete
  4. saya pribadi sih sudah tahu duluan dari pertama kali denger ini , kirain blum ada yang tahu dengan arti dari lirik nya. ehh ternyada ada juga postingann arti dari lagu ini hehehe,,,

    ReplyDelete
  5. nyese banget sob pas baca nya sambil ane hayati:(

    ReplyDelete
  6. saya pertama kali sebelum menulis ini juga sedih sob denger ceritanya :(

    ReplyDelete
  7. Lucu banget lagunya kalau di play malem-malem di kost'an yang sepinya kaya kuburan, rasanya ga mau denger lagi, terus buru buru meremin mata sampe pagi :(

    ReplyDelete
  8. sumpah gw baru tau kalo mkna yg sesungguhnya seperti itu,.. gw iut masug dalam aliran puisi tersebut.. good job man

    ReplyDelete
  9. Wkwkwkwk ane di critain temen ane pas ndaki merbabu lewat cuntel jam 11 mlemm .mrinding

    ReplyDelete
  10. suka banget sama filosofinya lagu resah

    ReplyDelete
  11. suka banget sama filosofinya lagu resah

    ReplyDelete
  12. kesimpulannya keren, hidup ini indah begini adanya,
    ;)

    ReplyDelete
  13. Jirrrrr keren juga post nyaaa.... gitu ya faktanya hmm

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Dalam banget arti dari sebuah puisi yang dibuatnya

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya kisah ini kurang nyata karna gx ada tempat kejadian dan waktu...q pngen tau klau emang bener itu di gunung mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan tanyai langsung ama salah satu personelnya kan dia dosen nahh cari tau dosen dimana itu bapak. Upss jangan lupa bawa parcel ye bray

      Delete
  17. Ternyata ceritanya bener, baru denger dr temen, langsung merinding dengerinnya skrg
    btw suka filosofi kopi jga ya :D

    ReplyDelete
  18. Ahhh itu mah lagu kekasih yg lagi LDR an

    ReplyDelete
  19. Ahhh itu mah lagu kekasih yg lagi LDR an

    ReplyDelete
  20. Keren juga ni payung teduh,ada yg lain lagi gak tntg crta lagu payung teduh ?

    ReplyDelete
  21. Keren juga ni payung teduh,ada yg lain lagi gak tntg crta lagu payung teduh ?

    ReplyDelete
  22. Hidup itu jangan di bikin susah bikin happy aja lah.. filosopi kedai kopi bandung ig@warungkitapunya halal 100% newel na sungut

    ReplyDelete
  23. Bercucuran air mata. Terbayang kalau sahabat kita yang seperti itu

    ReplyDelete
  24. Ane baca sambil denger lagu ini

    ReplyDelete
  25. Sumpah demi apapun, merinding gw bacanya hhh

    ReplyDelete
  26. Gua sih suka lagunya, gini gaes
    Kalian pernah gak diputusin pacar nangis, pasti ada yang pernah ya.
    Gua juga pernah saking bodohnya gua, gua ngarang cerita kalo gua itu gak mau hidup lagi terus gua sms dia, gua suruh dia ke taman yang sepi yg biasanya gua disitu sama dia sepi sama sekali gak ada orang ada satu pohon yang besar, gua udah bawa tali, buat gantung diri. Terus pacar gua dateng je tempat itu gua udah manjat pohon tersebut. Aslinya gua sih gak brani gantung diri.. Masa mau gantung diri sempet sempetnya nulis puisi. Dia kepikiran tah? Rata rata orang gantung diri langsung aja gantung diri.. Iya gak.. Itu cuma menurut gua aja gaes..... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gantung diri nya sdh di rencanakan sejak jauh2 hari, makanya sempat nulis puisi sbg tanda perpisahan. Kan banyak tuh orang bunuh diri yg ninggalin semacam notes2 gitu ke org2 yg ditinggalkan

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih Sih. Itu Ceritanya Dia Bunuh Diri Gara-Gara Di Tinggal Mati Sama Cewenya Apa Cuma Putus Hubungan Doang??

      Delete
  28. Maaf nh bukanya lagu resah itu di dapet dari pementasan teaternya payung teduh waktu di ui dulu

    ReplyDelete
  29. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  30. Baru tau. Dan bikin jadi penasaran..

    ReplyDelete
  31. mantap juga ya. latar belakan lagu nya

    ReplyDelete
  32. Karna diksi nya terlalu bagus kita gak bisa nelen liriknya mentah-mentah teman :) be smart

    ReplyDelete
  33. Aku tahu lagu ini.. saat mantan yang hari ini pergi milih mantannya, kemarin" nyanyiin lagu buat aku.. dan.. kini dia benar-benar pergi. Aku.. sakit, lihat ini...

    ReplyDelete
  34. Jujur aja. Ini seperti kisahku 4bulan yg lalu. Tepatnya pada 08 Maret 2016. Saat itu aku sudah kehilangan seseorang yg sangaaaaaaat aku sayangi. Sebelum dia meninggalkanku, sore hari kita sempat bertemu dan aku sempat menyuapi makan dan minum diatas ranjang RS. Condong Catur.
    Dia... Dia adalah OM yg paling mengerti dan mencintaiku sejak kecil. Ia bernama "EDY SUROSO"
    Beliau meninggalkanku karena menderita gagal ginjal. Dan akhir cerita saat itu penyakitnya sudah sampai komplikasi. Sore tadi saat aku mengurusnya, aku sangat berharap sekali. Itu adalah terakhir dia masuk RS lagi. Dan keinginanku dikabulkan. Sungguh dikabulkan. Tapi bukan ini yg aku maksud. Aku ingin dia sembuh dan tidak akan keluar masuk RS lagi. Tapi Allah? Mendengar doaku beda, kini beliau telah TENANG DI ALAM SANA. Sebelum beliau pergi, beliau sempat menangisiku. Beliau berkata sesuatu yg aku tidak tau bahwa itu firasat yg akan aku dapatkan darinya. Sampai sekarang, aku masih belum percaya ia meninggalkanku sendirian. Namun aku percaya, rencana Tuhan sangatlah INDAH UNTUKNYA. Aku yakin dialam sana beliau sudah bisa tersenyum kembali. Dan aku paling yakini, seberapa jauh memisahkan kita. Ia akan tetap mengawasiku dari atas sana. Walaupun aku tak tau. Tapi pasti itu yg dilakukannya setiap hari padaku. Tenang di SURGAMU my gentleman ❤ I love you. Saat aku putar lagu ini, aku merasa dia selalu ada di sampingku.. Terimakasih Payung Teduh telah menciptakan lagu RESAH ini....

    ReplyDelete
  35. Hah... ilang akal sehat tu cowok... hhhh..... ... aku yakin mereka masih ngak bakal ketemu... satu ny.. mungkin di surga satu ny.. neraka... heddeh... bodoh..

    ReplyDelete
  36. Ih kak, sumpah baca ini di otakku kebayang kejadiannya tau. Ngeri banget

    ReplyDelete
  37. padahal sebelum tidur selalu ndengerin lagu ini soalnya adem banget didenger

    ReplyDelete
  38. payung teduh seniman yang luarbiasa, di balik indahnya seni tak jarang terselip cerita mistis

    ReplyDelete
  39. Pass lyiric yang iniMerindingAne gan "Aku menunggu dengan sabar di atas sini melayang-layang"
    Ane ngebayanginnya Takut

    ReplyDelete
  40. Wah.. jadi gitu ya maksudnya... sumpah serem, seserem lagu gloomy Sundaynya Billie Holiday tapi paling serem tetep lagu gugur bunga (lagu perjuangan), tak pikir itu menceritakan tetang perasaan seseorang yang seperti sebuah payung (kayak lagunya tulus yang sepatu)
    “Aku ingin berjalan bersamamu dalam hujan dan malam gelap” (payung pan dipake pada saat ujan, maksudnya melindungi pemilik payung dr keujanan apalagi ujan dimalam hari)
    “Tapi aku tak bisa melihat matamu” (Payung kan pas dipake posisinya diatas kepala si pemakai payung gak bisa ngeliat mata si pemakai…ceritanya)
    “Aku ingin berdua denganmu di antara daun gugur” (payungnya dipake pas musim gugur kayak dipilem pilem romantis).

    “Aku ingin berdua denganmu tapi aku hanya melihat keresahanmu” (biasanya pada saat hujan pake payung, apalagi pas hujan lebat ekspresi orang pasti suka resah karena takut basah… takut jemuran dirumah ikut keujanan, taku terlambat dsb dsb…..).
    “Aku menunggu dengan sabar di atas sini melayang-layang”, Tergoyang angin menantikan tubuh itu”
    (Payungnya lagi disangkutin di pohon kali… biar kering, payungnya menunggu untuk digunakan lagi oleh pemiliknya).
    Ternyata keliru, dan kini jadi takut dengerin lagunya, padahal tadinya sukak…

    ReplyDelete
  41. Nikmatin aja hidup ini walau begini adanya

    ReplyDelete
  42. Pada ngomongin apa sih Rame bener. ..?

    ReplyDelete
  43. sumpah gue suka banget lagunya lagunya payung teduh dan gue juga baru baca arti dari lagi resah ini, sumpah terharu banget dah gue

    ReplyDelete
  44. Ini lagu yang pertama kali di perdengarkan oleh teman k saya.. iya .. lagu payung teduh yg pertama kali.. saya suka dengan alunan musiknya.. sering d putar.. semakin sering, semakin tau lirik dan entahlah.. saya merasa ada sesuatu yg lain d lagu.a.. apalagi pas ada kata daun gugur, di atas sini melayang layang.. radaa gmna gt.. dan mlam ini teman yg lain mncrtakan kalau ada kisah yang melatar belakangi lagu ini.. baru ngeh.. liriknya memang sesuatu.. dan langsung search.. cuma bisa bilang Wow..

    ReplyDelete
  45. Ini lagu yang pertama kali di perdengarkan oleh teman k saya.. iya .. lagu payung teduh yg pertama kali.. saya suka dengan alunan musiknya.. sering d putar.. semakin sering, semakin tau lirik dan entahlah.. saya merasa ada sesuatu yg lain d lagu.a.. apalagi pas ada kata daun gugur, di atas sini melayang layang.. radaa gmna gt.. dan mlam ini teman yg lain mncrtakan kalau ada kisah yang melatar belakangi lagu ini.. baru ngeh.. liriknya memang sesuatu.. dan langsung search.. cuma bisa bilang Wow..

    ReplyDelete
  46. kalo denger lagu ini, kepikiran terus. awal denger lagunya merinding sampai ga bisa tidur. kayaknya ni lagu cocok dijadiin film

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener ini lagu pantes di jadiin film, ane setuju gan

      Delete
  47. pengunaan kata kiasan yang jossss heuheuheu

    ReplyDelete
  48. serem baca nya sambil denger lagu nyaaa

    ReplyDelete
  49. ngeri juga ya ......
    tapi itu semua kita ambil hikmahnya saja ya gan jadiin pelajaran buat kedepanya -_-
    #kelompok4

    ReplyDelete
  50. gua pas lagi haking di sumbing dengerin lagu ini di sepanjang perjalanan ke pos tiga eh pas gua istirahat duduk gua malah ketiduran di tengah jalan tapi gua kebangun gara2 ad suara bbm bunyi tapi setelah gua lihat ngak ada bbm yg masuk ke hp gua alhasil merinding dah gua..!

    ReplyDelete
  51. Waaah... andai beneran nih story nya..."tragis" banget... ada juga cinta mati sampai hari ini yaa...
    Baru tahu saya ceritanya.

    ReplyDelete
  52. itu sangat menyentuh hati,
    hati itu memang tidak bisa di bohongin

    ReplyDelete
  53. hadeh serem mas Anggito Budi, apalagi kalo nyanyi genjreng gitar sendiri dikosan. ini lirik dan kunci gitar lagu resah by payung teduh mas siapa tau ada yang mau gitaran sambil sendirian di tengah malam. salam :D

    ReplyDelete
  54. cuma hoax ternyata cerita nya haha...

    http://www.omahpetualang.com/2016/07/inilah-fakta-pendaki-yang-bunuh-diri-di.html

    ReplyDelete
  55. Serem abis. Artinya seremnya cukup sampai disisni.

    ReplyDelete
  56. Serem abis. Artinya seremnya cukup sampai disisni.

    ReplyDelete
  57. Serem abis. Artinya seremnya cukup sampai disisni.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Lirik lagu ini menggunakan kalimat konotatif(bukan arti sebenarnya) atau kiasan. Kata "DALAM HUJAN DAN MALAM GELAP" bermakana 'dalam segala kondisi & keadaan'.
    Kata "TAK BISA MELIHAT MATAMU" bermakna 'terpisah jarak(bukan berarti beda alam)' atau 'tidak memiliki keberanian' dalam artian untuk mendekati.
    kata "DIANTARA DAUN GUGUR" hampir sama dengan bait pertama yang berarti 'dalam segala kondisi & keadaan'.
    kata "HANYA MELIHAT KERESAHANMU" bermakna 'hanya bertukar kabar atau berbagi cerita tanpa bertemu' atau bisa juga bermakna 'hanya sekedar memandang dan melihat dari jauh'.
    Kata "DIATAS SINI MELAYANG-LAYANG" bermakna 'menghayal atau membayangkan si orang tersebut atau si "MU"' jadi, yang melayang layang itu pikirannya bukan orangnya.
    kata "TERGOYANG ANGIN" bermakna 'cobaan atau godaan'.
    kata "TUBUH ITU" bermakna seseorang atau orang tersebut atau si "MU"'.

    Jadi lagu ini bercerita tentang hubungan jarak jauh, LDR(Long Distance Relationship) atau bisa juga tentang Mencintai seseorang diam-diam, sama sekali bukan tentang bunuh diri seperti yang dijelaskan admin.
    tapi good jobs buat admin atas usahanya menjelaskan dan mengarang makna lagu ini(versi sendiri).
    yang jelas lagu ini sangat bagus dan romantis menggunakan lirik dengan kalimat yang bermakna ganda. Jadi, tergantung dari sudut mana kita melihat.


    http://www.omahpetualang.com/2016/07/inilah-fakta-pendaki-yang-bunuh-diri-di.html

    ReplyDelete
  60. ktika aku mendengarkannyaa.. menenangkan tapi entahlah tp jg seperti ada rasa kelam, tp aku cuekin.. ku nikmatin aja..
    Ktika ku pejamkan mata brfantasi layaknya ada perempuan di atas pohon digelap malam melambai lambaikan tangannya mbil senyum lebar.. entahlah imajinasiku liar..
    Hingga kepoin lirikny gmn.. kubaca.. aku mengartikannya.. dlm diri berbicara mengajak gantung diri dlm diri menunggu dgn sabar.. tp diri ini trlalu resah untuk meng iyakan ajakan itu.
    Entahlah.
    Eh stelah baca postingan diatas.. jadi baru tau artian dibalik lagu resah yg sbenarnya.

    ReplyDelete
  61. menarik.. cara menulis blognya.. jadi gak bosan :v

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Gw gak pernah mau dengerin ini lagu diatas jam 9 malem klo gw lg dlm posisi sendiri. Melody n liriknya nya sihh keren,asik,tenang,berasa balik ke taon 50-60an. Tapi sblom " kisah " pilu or serem di balik ini lagu santer,gw udh duluan ngerasa mistis aja klo denger ini lagu malem2 pas sendiri. Kek ada " sosok laen " aja Yg lg ngikut dengerin n nikmatin lagunya. Jd drpd gw parno n halu sndiri gak jelas,fix keputusan gw pribadi lagu berjudul resah milik payung teduh hny gw dengerin n puter di playlist mulai jam 6 pagi ampe jam 8 mlm ,or pengecualian klo jam 8 malam lewat 1 detik gw masih ramean bareng tmn2 baru deh diputer lagu nya

    ReplyDelete
  64. cerita di atas hoax , gua udah baca artikel lain yang lebih logis dan disitu dia bilang kalo vokalis nya konfirmasi kalo cerita itu yang beredar adalah tidak benar . tapi its okay kalo beberapa dari kalian percaya lalu menghayati lagu itu dengan cerita di atas . Toh ini cuma lagu , yang emang menguras emosi kalo di hayati .

    Sumber OMAH PETUALANG . sorry long comment

    ReplyDelete
  65. wahh jadi ini toh ceritanya lagu resahh, makasih gan jadi tambah wawasan hehehe, jangan lupa mampir ke blog gw ya gan http://aminkweb.blogspot.com

    ReplyDelete